Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Selasa, 22 Juli 2014

Semangat Bung Tomo

Baiklah kawan2 berjumpa lagi di blog OSiS Smansa Way serdang kali ini akan membahas tentang naskah teater yang akan di tampilkan oleh anak-anak teater SMA 1 way serdang pada saat 17 Agustus 2014  nanti, Ohyaa naskah ini sendiri berjudul "SEMANGAT BUNG TOMO" yang di tulis oleh kak Fajar A.P, sekaligus membatu kami latihan teater juga, kemudian di bantu oleh Miz NOva,

langsung saja Berikut ini Naskah nya Yang di tulis Oleh kak Fajar,,.. Cekidoogt.

Ditulis oleh : Fajar Arif Prianto

Adegan pertama :
Ex.
Suasana pagi hari (backsound: lagu maju tak gentar)
Sekitar 20 pemain laki-laki dan perempuan. (akan menggambarkan suasana kehidupan masarakat Indonesia pada tahun 1945 yang berusaha bangkit setelah Indonesia merdeka karena kaisar Hirohito Jepang yang menyerah terhadap sekutu).
3 pemain perempuan motivasinya adalah sebagai ibu-ibu tani dengan pakaian kampungnya yang sedang memetik hasil di ladang. (alat: sebuah wadah berukuran sedang seoalah-olah untuk menampung hasil panen)
3 pemain laki-laki dengan motivasi sebagai petani yang sedang mencangkul dan bercocok tanam. (alat: sabit dan cangkul)
3 pemain laki-laki dengan motivasi sebagai nelayan(alat: jaring)
5 pemain perempuan motivasinya sebagai pedagang sembako di pasar (alat:
6 pemain laki-laki dan perempuan dengan motivasi sebagai pembeli. Musik masih tetap lagu maju tak gentar dimix dengan Suara gemuruh pasar dan suara antara pembeli dan penjuan menjadi suara latarnya. Adegan ini akan berlangsung selama 1/2-1 menit.
(semuanya berada dalam satu set)

Adegan selanjutnya :
Ex.
Suasana mencekam karena masih terjadi penguasaan disejumlah wilayah oleh tentara jepang dan terjadi penyiksaan (backsoud : efek musik tegang fight in the cave)
20 pemain laki-laki maupun perempuan motivasinya adalah kalian sedang disiksa oleh tentara2 jepang. Diseret dan di tendangi.
15 pemain menjadi tentara jepang motivasinya adalah kalian seorang penjajah dan tidak ada yang kalian takuti. Kalian menyiksa dan memperbudak rakyat. Backsound masih tetap dan  dimix dengan suara tentara menyiksa dan jeritan rakyat yang sedang di siksa. Adegan ini akan berlangsung selama 1 menit.

Adegan selanjutnya :
Ex. (backsound: the discovery/musik tegang)
Datang sekelompok pejung RI jumlahnya sekitar 15 orang. Salah satu dari 15 pemain tersebut mengucapkan kata “hentikan tuan, HENTIKAN!! Dengarkanku, kota Hirosima dan Nagasaki telah lebur. kaisar Hirohito telah menyerah pada sekutu. Maka dari itu saya tekanken tuan harus angkat kaki dari Negri ini SEKARANG JUGA!!(penuh penekanan sambil mengarahkan senjara ke arah serdadu jepang) (pemain tersebut beraksesoriskan sebatang bambu dengan bendera merah putih yang terikat di pegang dengan tangan kiri dan tangan kanan memegang senjata) adegan ini akan berlangsung sekitar ½ menit sebelum dilanjutkan dengan adegan peperangan dalam adegan selanjutnya. (para pemain yang menjadi tawanan dan tadi disiksa minggir)

Adegan selanjutnya :
Ex. Terjadi pertempuran antara penjajah jepang dengan tentara rakyat. Adegan ini akan melibatkan sekitar 30 pemain untuk masing-masing kubu dengan motivasi sedang terjadi peperangan (backsound : efek suara peperangan mix dengan misic battle preparation dan tambahan suara pemain yang menyuarakan kata “serbu,merdeka atau mati”). Adegan perang kira-kira akan memakan waktu selama 1.5 menit. Dan adegan pertempuran dimenangkan oleh tentara rakyat namun hanya 7 orang yang berhasil selamat sisanya gugur.

Adegan selanjutnya:
Ex.
4 pemain wanita yang berperan sebagai perawat perang motivasinya yaitu sedang mengobati para pejuang yang terluka karena perang. Dan pejuang yang sehat meminggirkan pejuang yang gugur. (backsound : lagu gugur bunga) adegan ini akan berlangsung ½ -1 menit.
(pemain yang tadi menjadi tawanan masuk kembali dan bersuka cita merayakan kemenangan)
Adegan selanjutnya :
Ex.
Di tengan perayaan suka cita masuk 1 orang pemain laki-laki dia akan berperan sebagai bung Tomo yang berdiri disebuah kotak (asalkan terlihat lebih tinggi daripada masyarakat yang lainnya). Motivasinya adalah bung Tomo yang gagah, pemberani sedang melakukan pidato untuk membakar semangat rakyat Indonesia, Surabaya khususnya karena telah terdengar kabar bahwa tentara sekutu (Inggris) telah mengancam akan menyerbu apabila tentara Indonesia tidak menyerahkan senjatanya kepada tentara Inggris sampai batas waktu yang ditentukan yaitu tgl 10 November. Bung Tomo mengajak arek-arek Surabaya untuk melakukan perlawanan. Adegan ini akan memakan waktu sekitar 4 menit yaitu seluruh pidato bung Tomo pada saat itu akan diperdengarkan. (backsound : pidato asli bung Tomo pd tgl 8 November) dan pemain akan lipsing suara tersebut. (pemain yang berperan sebagai rakyat menyuarakan merdeka,merdeka,merdeka)
Adegan selanjutnya:
Ex.
Setelah pidato bung Tomo selesai lanjut ke adegan Perang. Adegan perang dalam drama ini akan terjadi 2 kali yaitu setelah perang melawan pasukan jepang diadegan sebelumnya akan terjadi perang sekali lagi yaitu antara rayat Surabaya yang dipimpin bung Tomo melawan sekutu Belanda yaitu Inggris. Kerena setelah kepergian jepang dari tanah Indonesia pada bulan Agustus Belanda dan Inggris datang kembali pada bulan Oktober. Dan terjadi perang yang banyak memakan korban yaitu pada tanggal 10 November
Dalam adegan ini akan terjadi peperangan kembali antara pasukan Indonesia yang dipimpin bung Tomo dengan pasukan Inggris. Adegan akan melibatkan sekitar 30 pemain laki-laki dan perempuan denagn motivasi sedang terjadi perang yang super dahsyat antara Indonesia dan tentara sekutu belanda (Inggris). (backsound : suara efek perang Mix dengan musik tegang battle preparation dan tambahan suara pemain yang menyuarakan kata “serbu,merdeka atau mati dan Allahuakbar...”) adegan perang dilakukan sekitar 1.5 menit. Pemain yang berperan sebagai masyarakan kembali minggir saat adegan perang dilakukan. Adegan peperangan ini kembali dimenangkan oleh tentara rakyat Indonesia dan seluruh tentara Inggris tewas. Tentara Indonesia yang tersisa adalah 4 orang dengan motivasi baru saja memenangkan peperangan yang sengit. Meskipun selamat namun masih tertatih-tatih untuk berdiri dan salah satu pemain yang selamat membawa bambu beikatkan sangsaka merah putih dan hendak menancapkan bendera tersebut lalu katakan “MERDEKA!!!!” (namun sebelum menancapkan bendera tersebut akan ada Backsound lagu gugur bunga Mix puisi “pahlawanku”. Ketika puisi Pahlawanku dibacakan suasana seperti suasana perang yang penuh akan korban yang berjatuhan dan setelah puisi selesai dibacakan tentara yang tadi tertatih-tatih untuk menancapkan bendera Merah Putih akhirnya berhasil berdiri dan menancapkannya dan mengatakan “MERDEKA!!!”

Drama selesai dan diahiri dengan suka cita rakyat yang akan melibatkan seluruh pemain dan di tutup dengan backsound  lagu “17 Agustus”.


Semua siswa/pemain berbaris menjadi satu barisan dan saling bergandengan tangan dan memberi hormat kepada parapenonton. SELESAI!!!!.... (.


Socializer Like and Share
Like IT →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar